KATA
PENGANTAR
AssalamualaikumWr.Wb.
Puji syukur kehadirat Allah swt., karena dengan
rahmat dan nikmatnya, yaitu nikmat kesehatan dan nikmat kesempatan agar kami
dapat menyusun makalah ini.
Kami berusaha sebisa mungkin untuk menyusun makalah
ini sebaik-baiknya agar dapat dibaca untuk semua kalangan. Mudah-mudahan ilmu
yang ada di dalam makalah ini dapat berguna dan bermanfaa tuntuk kita semua dan
dapat memenuhi harapan kita semua untuk meningkatkan pengetahuan kita semua
dalam berbagai hal. Amiinnnn.
Akhirnya ungkapan syukur yang mendalam kepada Allah Swt. yang telah
memberikan kekuatan dan kemudahan dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini
dan makalah ini benar-benar bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Akhir kata, kami mengucapkan mohon maaf
sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan kata dan penyusunan dalam makalah
ini. Jadilah pemenang dan jangan jadi pecundang !
WassalamualaikumWr.
Wb.
Hormat kami,
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman Judul
…………………………………………………………………... i
Kata Pengantar....................................................................................................... ii
Daftar Isi ............................................................................................................... iii
I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang....................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.................................................................................. 1
C. Tujuan
Penulisan ................................................................................... 2
D. Manfaat
Penulisan ................................................................................. 2
E. Metode
Penulisan …………………………………………………….. 2
II.
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Nilai Moral …………………………………………………. 3
B. Kriteria
Buku Pelajaran yang Berkualitas Tinggi ……………………..... 3
C. Nilai-Nilai
Moral yang Ada pada Buku Bahasa Indonesia …………….. 4
D. Manfaat
Nilai-Nilai Moral ……………………………………………… 6
III.
PENUTUP
A. Kesimpulan
……………………………………………………………… 8
B. Saran
…………………………………………………………………….. 8
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dulu, bangsa Indonesia disegani karena memiliki karakter
bangsa yang kuat. Sekarang, bangsa ini sedang berada dalam krisis multi dimensi.
Pembangunan bangsa dapat dikaitkan dengan nilai-nilai sosial-budaya dan nilai
moral yang mencerminkan kemajuan dan keterbelakangan suatu bangsa. Buku pelajaran
merupakan salah satu sumber belajar yang memberikan andil cukup besar dalam upaya
memperluas kesempatan memperoleh pendidikan dan meningkatkan mutu proses dan hasil
pembelajaran. Kebutuhan akan buku pelajaran semakin terasa ketika jumlah dan mutu
guru yang tersedia belum memadai. Di tempat-tempat tertentu, masih banyak guru
yang mengandalkan buku pelajaran sebagai satu-satunya sumber belajar dan pembelajaran.
Siswa juga menggunakan buku pelajaran di sekolah dan di rumah sebagai sumber belajar
utama.
Secara definitif buku pelajaran adalah sarana
belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk
menunjang suatu program pengajaran.
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku pelajaran dapat
menjadi pegangan guru dan siswa yaitu
sebagai referensi utama atau menjadi buku suplemen/tambahan. Di dalam kegiatan
belajar, siswa tak sebatas mencermati apa-apa saja yang diterangkan oleh guru.
Siswa membutuhkan referensi atau acuan untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa
lebih luas sehingga kemampuannya dapat lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku pelajaran
tersebut, siswa dituntun untuk berlatih, berpraktik, atau mencobakan
teori-teori yang sudah dipelajari dari buku tersebut.
Salah satu pendidikan yang mampu mengarahkan potensi
manusia untuk mengarah pada kebaikan adalah pendidikan moral. Oleh karena itu perlunya
penanaman nilai-nilai moral pada tiap-tiap individu itu sangat penting. Sehingga
dengan begitu manusia mampu mengarahkan dirinya menjadi manusia yang memiliki kualitas
hidup yang bermoral tinggi serta mampu menata diri dalam kehidupan bermasyarakat.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
yang dimaksud dengan nilai moral ?
2. Bagaimana
kriteria buku pelajaran yang berkualitas tinggi ?
3. Bagaimana
analisis nilai-nilai moral yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia?
4. Apa
manfaat nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari ?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Mengidentifikasi
kriteria buku pelajaran yang berkualitas tinggi
2. Mengetahui
materi-materi Bahasa Indonesia yang mengandung nilai-nilai moral dalam buku pelajaran
Bahasa Indonesia
3. Mendeskripsikan
dan mengidentifikasi nilai-nilai moral dalam buku Bahasa Indonesia
4. Memberikan
sumbangan berharga bagi ilmu pengetahuan
5. Membangun
dan membentuk nilai moral dan karakter bangsa
D.
Manfaat
Penulisan
Sesuai dengan tujuan penulisan, diharapkan dapat membangun
dan membentuk nilai-nilai moral dan karakter bangsa. Hal ini sebagai upaya mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa.
E. Metode Penulisan
Metode penulisan karya tulis ini merupakan
penelitian pustaka (Library Research), dengan menganalisis isi dari
materi-materi buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Nilai Moral
Moral dan etika adalah dua hal yang tidak terpisahkan
karena pada dasarnya moral adalah tingkah laku yang telah diatur atau ditentukan
oleh etika. Pengertian nilai, menurut Djahiri (1999), adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat,
atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna
secara fungsional. Di sini, nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan,
dan menentukan kelakuan seseorang, karena nilai dijadikan standar perilaku.
Menurut K.
Prent, moral berasal dari bahasa latin mores, dari suku kata mos yang
artinya adat istiadat, kelakuan, watak, tabiat, akhlak. Dalam perkembangannya
moral diartikan sebagai kebiasaan dalam bertingkah laku yang baik, yang susila.
Dari pengertian tersebut dinyatakan bahwa moral adalah berkenaan dengan
kesusilaan. Seorang individu dapat dikatakan baik secara moral apabila
bertingkah laku sesuai dengan kaidah-kaidah moral yang ada. Sebaliknya jika
perilaku individu itu tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada, maka ia akan
dikatakan jelek secara moral. Menurut Sonny
Keraf, moral adalah nilai yang menjadi tolak ukur yang dipakai masyarakat untuk
menentukan baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota
masyarakat atau sebagai orang dengan jabatan tertentu atau profesi tertentu.
B.
Kriteria
Buku Pelajaran Berkualitas Tinggi
Apabila buku pelajaran dapat memenuhi 1
persyaratan yang diajukan, dapat dikatakan buku pelajaran tersebut berkualitas.
Butir-butir yang harus dipenuhi oleh buku pelajaran yang tergolong kategori
berkualitas tinggi, antara lain:
1. Buku
pelajaran haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang
mempergunakannya.
2. Buku
pelajaran itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang
memakainya.
3. Buku
pelajaran itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yang
memanfaatkannya.
4. Buku
pelajaran itu seharusnya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga
sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
5. Buku
pelajaran itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas
pribadi para siswa yang mempergunakannya.
6. Buku
pelajaran itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep yang
samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan para siswa yang
memakainya.
7. Buku
pelajaran itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang
jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para
pemakainya yang setia.
8. Buku
pelajaran itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai
anak dan orang dewasa.
9. Buku
pelajaran itu haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa
pemakainya.
10. Berisi
informasi, pesan, dan pengetahuan yang dituangkan dalam bentuk tertulis yang
dapat dikomunikasikan kepada pembaca secara logis, mudah diterima sesuai dengan
tahapan perkembangan kognitif pembaca. Untuk itu, bahasa yang digunakan harus mengacu pada
kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
C.
Nilai-Nilai
Moral pada Buku Bahasa Indonesia
Nilai-nilai moral yang ditemukan pada kalimat-kalimat
dalam buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas 11 antara lain :
Pertama,
nilai disiplin dan kerjasama yang tampak pada kalimat berikut :
1)
Gladi bersih dilakukan pada pukul 4
sore
Topik
pada kalimat di atas menyatakan adanya nilai kedisiplinan karena diharuskan datang
tepat pukul 4 sore dan nilai kerja sama yang terdapat pada kata “Gladi bersih”.
2)
“Untuk menyelesaikan tugas ini,
kalian harus membentuk kelompok masing-masing 4 orang dan wajib dikumpul seminggu
kemudian.”
Topik
pada kalimat di atas menyatakan adanya nilai kedisplinan bahwa tugas tersebut harus
dikumpul seminggu kemudian dan nilai kerja sama bahwa setiap murid harus berkerja
sama untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Kedua,
nilai kejujuran yang terdapat pada kalimat berikut :
1) Annisa selalu menjual kaset
orisinil, bukan bajakan.
Topik
pada kalimat di atas menyatakan nilai kejujuran karena Annisa telah mematuhi
peraturan UUD hak cipta dan terdapat kata orisinil yang berarti asli.
2) Mencatat pemasukan uang kas.
Topik
pada kalimat di atas menyatakan kejujuran karena tidak berniat untuk mengambil
hak yang bukan miliknya dan dengan mencatat berarti ada bukti yang jelas
sehingga ia dapat dipercaya.
Ketiga,
nilai motivasi yang terdapat pada kalimat berikut :
1)
Pendidikan
adalah yang bertahan disaat semua yang dipelajari sudah terlupakan.
2)
Carilah
Ilmu sampai ke Negeri Cina
3)
Suatu
kehidupan yang penuh kesalahan tak hanya lebih berharga, namun juga lebih
berguna dibandingkan hidup tanpa melakukan apa pun.
4)
Kegagalan
adalah langkah awal menuju kesuksesan. Akan tetapi, sukses itu sendiri
sesungguhnya baru merupakan jalan yang tidak tentu menuju puncak sukses
5)
Tugas
yang kita hadapi seringkali bukanlah pilihan kita, tetapi kita bias memilih
bagaimana kita melaksankannya. Kalau kita melaksanakannya sungguh-sungguh,
hasilnya akan memberikan kepuasan pada diri kita sendiri
Kalimat
di atas mengandung nilai motivasi karena adanya dorongan untuk berbuat baik
atau melakukan sesuatu yang bermanfat bagi dirinya atau orang lain.
Keempat,
nilai rasa ingin tahu kreatifitas yang terdapat pada kalimat tersebut :
1) “Seluruh siswa diharapkan dapat
membuat sebuah naskah drama berdurasi 5 menit”
Topik
pada kalimat di atas mengandung nilai kreativitas karena dengan membuat naskah
drama kita dapat meningkatkan kreatifitas kita saat memikirkan cerita dalam
naskah drama tersebut.
2)
Carilah
Ilmu sampai ke Negeri Cina
Topik
pada kalimat di atas menyatakan adanya nilai rasa ingin tahu karena ilmu harus
dicari meskipun menempuh jarak yang jauh.
3) “Seluruh siswa diharapkan dapat
membedakan kalimat fakta dan opini dalam editorial yang dibaca”
Topik
pada kalimat di atas mengandung rasa ingin tahu karena semua siswa ingin
mengetahui perbedaan fakta dan opini.
Kelima,
nilai gemar membaca yang terdapat pada kalimat berikut :
1)
Buku
adalah jendela dunia
2) Membaca
jembatan ilmu
3) Gunakanlah
waktu luangmu untuk membaca, karena dengan membaca kau dapat mengetahui banyak
hal
Topik pada kalimat di atas mengandung nilai gemar
membaca karena dengan membaca buku, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan
sehingga kita dapat mengetahui seluruh isi dunia tanpa harus keliling dunia.
Selain itu dengan membaca kita dapat memperoleh banyak ilmu dan mengetahui banyak
hal
Selain itu, dalam buku
tersebut juga terdapat nilai religius, toleransi, kerja keras, mandiri,
demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab.
D.
Manfaat
Nilai Moral
Nilai moral dianggap penting oleh manusia dan harus
diyakini oleh setiap individu dan harus diaplikasikan dalam perbuatan yang
diidentikan dengan perbuatan baik dan perbuatan buruk (etika) yang mana cara
mengukurannya adalah melalui nilai- nilai yang terkandung dalam perbuatan
tersebut.
Pada dasarnya nilai moral berfungsi
mengingatkan manusia untuk melakukan kebaikan demi diri sendiri dan sesama masyarakat.
Kedua, menarik perhatian pada permasalahan-permasalahan moral yang kurang
ditanggapi manusia. Ketiga, untuk pengendalian dan pengaturan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Buku pelajaran adalah sarana belajar yang biasa
digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu
program pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku pelajaran memiliki
peran yang sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk
mengoptimalkan potensi-potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku
pelajaran yang baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran.
Sebagai buku pendidikan, buku pelajaran memainkan
peranan penting dalam pembelajaran. Dengan buku pelajaran, program pembelajaran
bisa dilaksanakan secara lebih teratur. Selain itu, buku pelajaran dapat
mengajarkan banyak hal kepada pembacanya khususnya mengenai nilai-nilai moral
yang berguna untuk membangun karakter bangsa.
Dengan membaca buku pelajaran, siswa akan dapat
terdorong untuk berpikir dan berbuat yang positif, misalnya memecahkan masalah
yang dilontarkan dalam buku pelajaran.
B.
Saran
Untuk dapat memahami nilai moral yang ada dalam buku
Bahasa Indonesia dan mengidentifikasi kriteria buku pelajaran yang bagus, ada
beberapa saran yang dapat diterapkan :
1. Pelajari
kriteria-kriteria buku pelajaran yang baik.
2. Pada saat membaca buku lihat materi apa saja
yang dimuat di dalam buku.
3. Pelajari
dan pahami dengan baik nilai-nilai moral yang ada pada buku pelajaran tersebut
Moral sebagai ukuran nilai baik-buruknya seseorang
harus ada dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia terutama nilai moral yang baik
sehingga seorang pelajar dapat menerapkan nilai moral yang baik dalam kehidupan
sehari-hari.
DAFTAR PUSTAKA
Susilawati,
Euis dkk. 2012. Bahasa Indonesiaku Bahasa
Negeriku 2. Solo : Tiga Serangkai.
5 Comments: (+add yours?)
I really enjoy reading your blog slot games apk as the postings are so simple to read and follow. Outstanding. Please keep it up. Thanks.
I have been reading your posts 918kiss malaysia regularly. I need to say that you are doing a fantastic job. Please keep up the great work.
Thanks for the post. Im a big fan watch more than an athlete online free of the blog, i've even put a little bookmark right on the tool bar of my Firefox you'll be happy to find out!
have read many blogs in the net but have never come across such a well written blog. movers and packers Ajman,movers and packers Ras Al Khaimah Good work keep it up
Omninos Solutions a development house dating app development based in Mohali, Chandigarh Provides best dating app clone like Her
Posting Komentar