Bentuk Partisipasi Masyarakat di Berbagai Bidang

sekarang aq mw share makalahq tentang "bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang". kalau mw copas, sebutkan sumbernya d mana y !!!
ini dia makalahnya.......
aku mulai nulis mulai dari pembahasannya aja y,,,,
chechk this out !!!!!



A.      PENGERTIAN PARTISIPASI MASYARAKAT
Menurut Ach. Wazir Ws., et al. (1999: 29) partisipasi bisa diartikan sebagai keterlibatan seseorang secara sadar ke dalam interaksi sosial dalam situasi tertentu. Dengan pengertian itu, seseorang bisa berpartisipasi bila ia menemukan dirinya dengan atau dalam kelompok, melalui berbagai proses berbagi dengan orang lain dalam hal nilai, tradisi, perasaan, kesetiaan, kepatuhan dan tanggungjawab bersama.
Partisipasi masyarakat menurut Isbandi (2007: 27) adalah keikutsertaan masyarakat dalam proses pengidentifikasian masalah dan potensi yang ada di masyarakat, pemilihan dan pengambilan keputusan tentang alternatif solusi untuk menangani masalah, pelaksanaan upaya mengatasi masalah, dan keterlibatan masyarakat dalam proses mengevaluasi perubahan yang terjadi.
Mikkelsen (1999: 64) membagi partisipasi menjadi 6 (enam) pengertian, yaitu:
  1. Partisipasi adalah kontribusi sukarela dari masyarakat kepada proyek tanpa ikut serta dalam pengambilan keputusan;
  2. Partisipasi adalah “pemekaan” (membuat peka) pihak masyarakat untuk meningkatkan kemauan menerima dan kemampuan untuk menanggapi proyek-proyek pembangunan;
  3. Partisipasi adalah keterlibatan sukarela oleh masyarakat dalam perubahan yang ditentukannya sendiri;
  4. Partisipasi adalah suatu proses yang aktif, yang mengandung arti bahwa orang atau kelompok yang terkait, mengambil inisiatif dan menggunakan kebebasannya untuk melakukan hal itu;
  5. Partisipasi adalah pemantapan dialog antara masyarakat setempat dengan para staf yang melakukan persiapan, pelaksanaan, monitoring proyek, agar supaya memperoleh informasi mengenai konteks lokal, dan dampak-dampak sosial;
  6. Partisipasi adalah keterlibatan masyarakat dalam pembangunan diri, kehidupan, dan lingkungan mereka.
Dari tiga pakar yang mengungkapkan definisi partisipasi di atas, dapat dibuat kesimpulan bahwa partisipasi adalah keterlibatan aktif dari seseorang, atau sekelompok orang (masyarakat) secara sadar untuk berkontribusi secara sukarela dalam program pembangunan dan terlibat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring sampai pada tahap evaluasi.
Pentingnya partisipasi dikemukakan oleh Conyers (1991: 154-155) sebagai berikut: pertama, partisipasi masyarakat merupakan suatu alat guna memperoleh informasi mengenai kondisi, kebutuhan, dan sikap masyarakat setempat,  yang tanpa kehadirannya program pembangunan serta proyek-proyek akan gagal; kedua, bahwa masyarakat akan lebih mempercayai proyek atau program pembangunan jika merasa dilibatkan dalam proses persiapan dan perencanaannya, karena mereka akan lebih mengetahui seluk-beluk proyek tersebut dan akan mempunyai rasa memiliki terhadap proyek tersebut; ketiga, bahwa merupakan suatu hak demokrasi bila masyarakat dilibatkan dalam pembangunan masyarakat mereka sendiri.

B.      PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BERBAGAI BIDANG

1.         Bidang Olahraga

Contoh bentuk partisispasi masyarakat dalam bidang olahraga adalah menjadi atlet-atlet Indonesia seperti atlet sepakbola, bulutangkis, basket, voli, dll dan berperan  serta dalam ajang perlombaan nasional maupun internasional bahkan menjadi juara bahkan menjadi juara. Contohnya seperti menjadi atlet yang berpartisipasi dalam ajang SEA GAMES kemarin dan berhasil mendapatkan banyak medali emas.

2.         Bidang Politik
Contoh bentuk partisipasi masyarakat Indonesia dalam bidang politik adalah mengikuti pemilu/pemilukada dalam rangka berpartisipasi untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia. Contohnya mengikuti pemilu presiden pada tahun 2009 lalu dan mengikuti pemilukada di kabupaten/provinsi masing-masing untuk memilih bupati/gubernur yang diinginkan masyarakat.

3.         Bidang sosial
Dalam hal ini, penulis mengambil contoh bentuk partisipasi masyarakat dalam menolak rencana kenaikan harga BBM yaitu DEMO. Ya, rencana kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu telah menimbulkan aksi demo besar-besaran di sejumlah kota besar di Indonesia. Bahkan demo ini telah berujung ke aksi anarkis polisi dan massa. Bahkan aksi demo masyarakat ini juga telah merusak pagar gedung DPR yang merupakan tempat diadakannya rapat rencana kenaikan harga BBM.

4.         Bidang HANKAMNAS
Salah satu cara masyarakat untuk berpartisipasi dalam bidang HANKAMNAS adalah menjadi polisi dan TNI (Tentara Nasional Indonesia). Seperti yang kita tahu bahwa tugas polisi adalah memelihara keamanan, penegak hukum di Indonesia, dan pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Sedangkan tugas TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara. Oleh karena itu, polisi dan tentara/TNI telah berjasa dalam bidang HANKAMNAS Indonesia.

5.         Bidang pendidikan
Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam bidang pendidikan adalah mengikuti berbagai macam lomba-lomba, baik lomba tingkat kota, provinsi, nasional, maupun internasioanal. Seperti partisipasi 12 pelajar tingkat SMP dari seluruh Indonesia dan meraih 3 medali emas, lima perak dan empat perunggu dalam kompetisi Olimpiade Sains Junior Internasional ke-7 yang digelar di Abuja, Nigeria.
Para pelajar yang meraih medali emas yakni Muhamad Iqbal Ibrahim pelajar SMP Pribadi Depok, Jabar, Richard Akira Heru pelajar SMP PL Dominico Savio, Jateng, dan Fransisca Susan dari SMP St Ursula, Jakarta.
Peraih medali perak masing-masing I Made Gita Narendra Kumara dari SMP Negeri I Negara, Bali, Mikael Harseno Subianto dari SMP Susteran Purwokerto, Jateng, Putu Ivan Budi gunawan pelajar SMP Negeri I Tabanan, Bali, Yoga Rafinika dari SMP Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah serta Faisal Puji Nugroho pelajar SMP negeri 68 Jakarta.
Untuk pelajar yang meraih medali perunggu masing-masing Mardika Firlina dari SMP Pribadi School Bandung, Jabar, Titis Setiyobudi dari SMP Negeri I Kauman, Jawa Timur, Anang Rizki Muharom dari SMP Negeri II Semarang, Jateng dan Nurul Falahiyyah Bahri dari SMP Negeri I Sumenep, Madura, Jatim.

6.         Bidang Ekonomi
Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam bidang ekonomi adalah membayar pajak untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Namun masih banyak masyarakat yang belum membayar pajak. Hal ini bisa dikarenakan belum semua pihak sadar membayar pajak, adanya kasus penggelapan dana pajak oleh Gayus dan Dana yang menyebabkan banyak masyarakat yang enggan membayar pajak, dll.  Padahal partisipasi masyarakat dalam membayar pajak sangat berpengaruh besar pada kesejahteraan negara.

7.         Kebudayaan
 Budaya adalah identitas suatu bangsa. Partisipasi dalam bidang kebudayaan bisa dilakukan dengan melestarikan budaya-budaya Indonesia seperti melakukan lomba karawitan tingkat sd, upaya untuk melestarikan budaya jawa pada tahun 2010 kemarin, gebyar seni di sebuah SMA untuk melestraikan budaya, mengenakan baju batik, memainkan alat musik tradisional, dll. untuk melestarikan budaya Indonesia yang semakin tergerus jaman

11 Comments: (+add yours?)

Anonim mengatakan...

The idеа of your blog is totally fresh, I'm certain that the visitors who will visit your blogs surely take pleasure from your content and points of view.
Feel free to surf my web page ... Shoes Lifts

Tami Utami mengatakan...

Thank you for your Informations.. because this article makes me get the new knowledges

Shofie_Salsa mengatakan...

@Tami Utami : thanks too... i'm glad to share it ^^

Anonim mengatakan...

lagunya siapa ini ea ?

Anonim mengatakan...

makasi sangaaaaaaaaaaaat membantu

Indra mengatakan...

Nice. Thanks ya. Http://transferfactorsurakarta.wordpress.com

isnaini mengatakan...

(y)

Gita Pratiwi mengatakan...

makasihh {} ini sangat membantu

ariyani ani mengatakan...

thanks for information

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Sell Tiket mengatakan...

Baru dari selltiket.com,
untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat
dan tiket kereta api sekarang anda
juga dapat melakukan pembayaran :
PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

Poskan Komentar