Why Kpop Beat Jpop ????




Aloha !!! Author balik lagi. Kali ini saya akan memposting dan nge-share sebuah artikel yang gak sengaja saya baca di http://beautifulsonglyrics.blogspot.com ketika saya sedang mencari salah satu lirik lagu. Yup! Artikel ini akan saya tulis dalam bahasa Indonesia karena saya baca di web aslinya dalam bahasa inggris. Mungkin sudah ada yang pernah baca, but it’s ok kalau misalnya belum ada yang pernah baca. Artikel ini tidak bertujuan untuk memihak manapun karena saya menyukai semua jenis music pop, namun untuk memberikan  alasan mengapa Kpop lebih mendunia daripada Jpop. Oke, Cekidot………………..
7 Reasons (Alasan) Mengapa Kpop lebih Populer dan mendunia dibanding Jpop :
1. Korean wave. Korea mempromosikan budaya (termasuk K-pop) di seluruh dunia. Sementara Jepang tidak (jika Anda ingin tahu tentang j-pop, anime, manga, dan video game hanya mencari sendiri di google) 

2.       Banyak penyanyi Korea menjadi populer di Jepang sejak BoA (baca profil BoA disini) sukses debut di Jepang, tetapi di sisi lain tidak banyak penyanyi Jepang yang populer di Korea. Apa yang salah dengan Jepang?  Mungkin karena populasi Korea jauh lebih sedikit dibandingkan Jepang sehingga "Kenapa harus saya merendahkan diri dengan mempromosikan ke Korea?"

Anda tahu bahwa artis K-pop biasanya diharuskan belajar bahasa Inggris, Jepang, dan kadang-kadang bahasa Cina oleh agensi mereka. Tapi artis J-pop hanya tahu bahasa Jepang, kadang-kadang bahasa Inggris, itu saja. Jika Jepang berpikir populasi Korea kurang, bagaimana dengan Cina? Cina memiliki populasi no.1 di dunia. Tapi hanya ada sedikit lagu J-pop dalam versi Cina.

3.       Agensi entertainment di  Korea memiliki channel resmi di youtube. Dan mereka meng-upload video HD kualitas MV yang berkualitas baik. Tapi di sisi lain label Jepang tidak banyak memiliki channel resmi di youtube. Dan jika mereka memilikinya, mereka hanya meng-upload video berkualitas buruk. Kenapa?  Mungkin, Ini seperti "Jika Anda ingin melihat PV saya, hanya membelinya di negara saya." (Atau download dari rapidshare, mediafire, dll ^_^)
Sebenarnya youtube adalah website gratis di seluruh dunia. Dengan alexa rank no 3 banyak orang menjadi terkenal karena youtube (Justin Bieber misalnya).

Contoh lain ; PSY  Gangnam Style yang menjadi sensasi di seluruh dunia karena youtube. Saya akan menjelaskan sedikit tentang PV dan MV. Di Jepang, video klip disebut Promotional Video atau PV. Biasanya itu dirilis sebelum album/single  atau dirilis untuk mempromosikan single atau album. Di Korea, klip video disebut Music Video atau MV. Biasanya itu dirilis pada waktu yang sama dengan single atau album. Jadi, hal yang aneh adalah Jepang memiliki Promotional  Video  tetapi tidak mempromosikan di youtube. Mungkin Jepang berpikir "Jika orang-orang menonton PV saya gratis mereka tidak akan membeli album / single saya." 
 Ini adalah pemikiran yang salah. Di amazon.com, k-pop terjual jauh lebih tinggi daripada j-pop. Dan ingat bahwa tujuan PV adalah untuk mempromosikan album / single. Ada beberapa PV di youtube tapi berkualitas buruk. Jika Anda menonton PV dalam kualitas yang buruk, apakah Anda masih ingin membeli album atau single tersebut ????

4.       Arirang sebagai televisi global Korea mempromosikan Korean wave dengan bahasa Inggris & memiliki Program menarik (untuk K-pop: Pops di Seoul).  Coba bandingkan dengan NHK World, dan Anda tahu apa yang saya maksud.

5.       Sekarang banyak orang tahu tentang acara musik di TV Korea dengan kualitas HD,
(contoh : SBS Inkigayo, KBS Music Bank, MBC Music Core). Dan banyak orang meng-upload di youtube. Di sisi lain tidak banyak orang tahu tentang acara musik Jepang dan tidak banyak orang yang meng-upload acara music tersebut di youtube

6.       J-pop memiliki periode lebih lama dari K-pop. Jadi penulis lirik atau komposer musik telah menciptakan banyak lagu. Dan jika Anda telah membuat banyak lagu, sulit untuk menciptakan lagu baru yang menyegarkan.  Inilah sebabnya mengapa lagu Mandarin kalah populer dibanding J-pop beberapa tahun lalu (saya membuktikannya dengan mendengarkan 10 lagu Mandarin oleh berbagai artis, dan mendengarkan 10 lagu J-pop oleh 1 artis , hasilnya adalah lagu Mandarin lebih membosankan).
Dan sekarang gilirannya K-pop mengalahkan J-pop dengan alasan yang sama.

7.       Operasi plastik? Banyak orang membicarakan hal itu. Jelek menjadi cantik / ganteng. Pro, contra, apapun. Jika banyak orang membicarakannya, Kontroversi itu biasa terjadi.( Saya sendiri tidak setuju dengan yg namanya operasi plastic karena menurut saya oplas itu merubah ciptaan Tuhan-ini pendapat saya lho.)

 Sebenarnya Jepang memiliki musik yang  lebih beragam dibanding Korea. Korea memiliki terlalu banyak  girlband & boyband. Sedangkan Jepang memiliki penyanyi solo, band, band rock, dll.

Oke, Thank You For Read My Post. I’ll wait your Comment. See you !

Re-Edit and re-post by :  www.shofiesalsabila.blogspot.com



19 Comments: (+add yours?)

Alfiana Dwi Puspita mengatakan...

Ya...ya...ya..., emang benar apa yang kamu katakan, dan itu memang FAKTA YG MENYAKITKAN bagi pencinta Jpop(termasuk q!) tapi, sekarang atas bantuan beberapa orang sesama pencinta Jpop/Jrock. Mereka upload PV yang berkualitas tinggi(dengan lirik+b.inggrisnya)walaupun mereka harus membeli albumnya(kadang2x mahal banget!) dan menguploadnya ke youtube demi fans2x Jpop/Jrock yang engga bisa membelinya(termasuk q juga!)

blackblues mengatakan...

ikutan komen juga ya :D
hampir setuju semua dengan alasan2 diatas. cuma mau nambahin jg, menurut pendapat pribadi aja sih
kenapa banyak artis kpop "berekspansi" ke jepang? sebaliknya kenapa sedikit sekali (bahkan hampir gak ada) artis jpop yang masuk pasar musik korea?
alasannya karena market share musik di jepang jauh lebih besar dibanding korea selatan. Cari aja datanya, pangsa pasar industri musik di jepang terbesar kedua di dunia (setelah USA). Sedangkan pangsa pasar industri musik di korsel jauh di bawah. Inilah yang menjadi daya tarik artis2 kpop untuk mencoba memasuki industri musik jepang, tentunya karena alasan "ekonomi", jelas dengan menjual singles + album + DVD di jepang lebih menggiurkan hasilnya dibanding di korea. Karena pada dasarnya orang2 jepang sangat menghargai hasil kerja keras artis dengan membeli karya mereka secara resmi. Hal ini berbeda dengan kondisi pasar di korea selatan dimana masyarakatnya masih banyak yang "membajak" single/album artis kpop. Sering terdengar berita kan artis2 kpop yang sukses menggelar konser2 di jepang pulang dengan membawa banyak duit, bahkan ada yang hanya menggelar konser keliling jepang selama 3 minggu, hasilnya lebih besar dibanding promosi selama 1 tahun di korea.
Sebaliknya buat artis2 jpop, mereka jarang berekspansi keluar negaranya karena merasa di negara sendiri aja udah menguntungkan (secara pangsa pasar industri musik terbesar kedua di dunia). Jadi kenapa harus promosi keluar negeri lagi untuk meraup keuntungan? Kalo gak percaya cek saja pendapatan idol grup seperti AKB48 tahun kemarin berapa (yg hanya promosi di negaranya sendiri), bandingkan sama artis kpop yg promosi ke seluruh penjuru dunia.
makanya kita jarang melihat konser2/promo artis jpop keluar negaranya, beda bgt sama artis kpop yang menggelar konser di berbagai belahan dunia, sesuai dengan konsep "hallyu wave" mereka.
Intinya sih promosi kpop emang besar2an (didukung pemerintah gitu, wajar jadi besar :D ) sehingga kita bisa mudah melihat fenomena kpop dimana2, sedangkan jpop bisa dikatakan hampir tertutup untuk dalam negeri saja (kayak zaman tokugawa dulu aja dah), susah mendapatkan video2 jpop kalo yang ada di youtube aja pada dihapusin mereka. -_-
-
hmm untuk alasan yang nomer 6 sih tergantung jg ya, soalnya kalo menurut saya sendiri lagu2 jepang itu lebih luas genre nya dan musik2nya lebih variatif dari korea. kalo korea mah kayak gitu2 aja akhir2 ini, sedangkan di jepang makin hari bisa dibilang makin unik lagu2 yang muncul. Cuma karena MV ala korea lebih mantap pengemasannya, jadi orang ngerasa makin unik dan makin berbeda tiap singles, tapi jujur menurut saya kalo dilihat dari segi musik, kpop kayaknya gitu2 aja musiknya (imo ya)
-
kalo masalah oplas, no komen dah, gak di korea gak di jepang sama aja pada suka oplas untuk meng"upgrade" penampilan mereka. soalnya disana gak ada yang ngelarang + teknologi mereka untuk melakukan itu jg sangat maju, jadi semua terkesan biasa saja bagi orang sana :D

salam dari saya, kara fans (kpop) & perfume fans (jpop)

Anonim mengatakan...

artikelnya sangat bagus, bagi saya yg tidak terlalu paham dengan musik, smua musik keren

jadi tau kenapa album jepang lebih mahal

saya fans Flumpool jepang & CNBLUE Korea

Anonim mengatakan...

Menurut saya artikel yg bagus.Tp jngan ad unsur menyakitkan dong!!!!Kasihan penggemar jpop nya!!!
Apa kalian tahu perbedaan MV Korea dan PV Jepang??
Menurut saya, MV Korea itu untuk menjadi seksi kebanyakan gerakan di MV tersebut erotis.Kalau PV Jepang menurut saya,mereka gx neko neko.Kalau di pantai ya wajar lah mereka pake pakaian dalam doang!!!Tp gerakan mereka gx erotis.Menurut saya MV korea lebih menarik dari Jepang.Maaf ya kalau saya salah menilai.Ini opini ku.Just My Opinion!!!!!

Shofie Salsabila mengatakan...

@Anonim : menurut saya, tidak semua MV Kpop punya konsep seksi dan gerakan erotis. Faktanya sebagian besar MV Kpop punya konsep yg unik dan segar tanpa harus ada kesan erotis. Memang ada GB Korea yg pake konsep seksi dan erotis tapi itu hanya SEBAGIAN saja. Untuk konsep pantai, banyak kok MV artis kpop yg biasa saja/tdk ada unsur seksi/erotis. Saya setuju kl kamu bilang MV Korea lebih menarik drpd PV Jepang krn kualitas HD MV korea jauh lebih bagus dr PV Jepang. Thanks and this is just my opinion :)

APSxKJY mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
APSxKJY mengatakan...

Terus bagaimana dengan Musik Indonesia?? yang semakin hari semakin meredup, semenjak mudahnya masuk musik luar dan lebih mudahnya mengakses musik luar, dibandingkan dengan musik kita??

Sebenernya kita bisa menandingi Jpop ataupun Kpop.

ingat!! Kualitas Suara Teknik Vocal dan sebagainya masih jauh lebih bagus dari Negeri kita. Kita bisa mendengar berbagai jenis Vokal dan Genre Musik dan sebagainya, dan kualitasnya Dunia!! kita setingkat dengan Hollywood.
Cuma jeleknya musik kita, Musisi kita didikte atau dipaksa untuk menciptakan lagu2 yg sedang populer saja, tidak memberikan kebebasan kepada musisi sesuai jenis genre yg mereka ingikan. contoh, pertama, lagu wajib yg harus diciptakan musisi indo ialah Lagu Pop Melankolis, itu harga Mati! kedua, harus ngikutin Tren genre yg lagi booming, misalkan di indo pernah booming genre melayu, semua musisi2 menciptakan lagu melayu agar bisa terkenal, dan musisi2 rookie/baru bisa diterima ke label asal menciptakan lagu melayu, kemaren lagi tren Kpop di indo, label berbondong2 menciptakan Idol, boys, girls grup, di labelnya agar bisa ikut populer. sekarang lagi ngetrennya dangdut, hampir semua seluruh label melahirkan penyanyi dangdut, dan memberikan ciri khas ke setiap penyanyinya.

Dan satu lagi yang menyebabkan Musik kita hancur, ialah Budaya Bangsa kita atau Mental Gratisan. Banyak Masyarakat kita sekarang ini yang enggan membeli CD Original asli dari musisi tersebut. Semenjak Era Peralihan Digital yang dengan mudah membajak dengan berbagai macam cara dan dengan mudahnya mendapatkan file mp3 dengan kualitas bersih disebuah website dengan free download.
inilah yang menyulitkan para musisi yang ingin tetap konsisten di genrenya tetapi tidak bisa utk konsisten, karena menurunnya pendapatan dari penjualan CD dan Digital Mp3 download yang resmi.

Memang jadi Artis Di Indo jika bisa sampai Booming, maka akan bisa kaya mendadak, dan akan mendapatkan penghasilan yang wahhh. Tapi bagaimana dengan nasib orang dibelakannya?? seperti songwriter, arrangger, music director dan sebagainya?? mereka hanya mendapatkan penghasilan dari Royalti hasil penjualan CD dan digital mp3 resmi saja.

Itulah yang menyebabkan Runtuhnya Musik Tanah Air di Negeri kita sendiri Indonesia. #MajuTerusMusikIndonesia!!

bahasa2 mengatakan...

aku suka kpop karena logat bicaranya, jadi pengemasan antara bahasa dengan lagu itu bagus. begitu pula dengan notnton pilm2nya, aku pilm2 dengan gambar nyata tidak suka, mungkin hanya pilm korea saja yang tak liat panjang lebar. itupun bukan karena kisah cerita, namun kembali kelogatnya yang lucu, kaya orang tuli saling berbicara. dari segi cerita pilm dan lirik lagu menurutku korea itu monoton banget, untuk lagu korea bahkan tingkat monotonnya lebih rendah daripada lagu-lagu indonesia, seperti hanya berkutat pada tema cinta (tema paling disukai org galau), model musik tidak unik, pop modern umum, ini aliran banyak disukai orang namun apa ya semua musisi mau semuanya bikin lagu cenderung ke itu-itu aja. meski bikin lagu dengan model kaya gitu laku namun apa ya semua musisi mau bikin kaya gitu terus, tentunya ada yang kepingin buat terobosan baru, bahkan indonesia pun sudah, salah satunya lari ke mlayu-mlayuan.
secara genre musik, sudah sangat jelas korea sangat kalah jauh dengan jepang. kalau pingin tau dengerkan aja album 2 penyanyi jepang dengan genre sama. nanti keliatan uniknya, baik lirik dan kharakternya (kekhasan dalam mmembawakan lagu). itu baru satu genre lho.

hal-hal berbau korea baru booming baru-baru aja dan gak tau entah akan bertahan berapa lama.
lain halnya jepang, sudah sangat lama menduduki dunia, entah dari animenya, produk-produk, pilm dan musik genre banyak, bahkan secara akting gak tanggung-tanggung dalam membawakannya, seperti adegan ciuman, berpakaian bikini dan jogetnya walaupun berbau seksi namun keliatan alami, tak seperti korea seperti keliatan malu-malu dan tllu dipaksakan.

kemudian terkait alasan begitu susah mendapat video jepang yang official di youtube. itu dikarenakan jepang sangat menjaga hasil karya orang lain. jadi kalo kalian ingin mendapat video itu harus beli online ke website penyedianya bukan youtube. bahkan kalau suatu saat ada di youtube pun kalopun sifatnya ilegal, nanti suatu saat juga akan hilang karena dihapus karena dianggap pelanggaran oleh yag bersangkutan. ==> sekedar meluruskan poin no 3.

jadi secara kesimpulan tetep aku paling suka dengan korea, karena alasan mendasar aku sangat menyukai logat bahasa mereka, "issoyo, hago, hajima, juseyo, suibta/suoyo, araso, kajimara, llgayo, ege, kaji buto, etc.
meski alasanya cukup 1 poin saja namun memiliki nilai yang sangat tinggi

marsellin beer mengatakan...

kenapa gue lebih suka Kpop dibandingkan Jpop?

gue juga meng iya kan kalau di jepang rata2 b/g band oplas, tapi justru karena penampilan mereka menarik, orang orang jadi banyak yang suka.
orang korea *terutama idol kalo menurut gue lebih gampang mengeksresikan diri di depan publik, dan berani berpenampilan nyentrik dan ga keliatan maksain. misalnya rambut rainbow *wkwk* dll, kpop juga kostumnya keliatan alami di pake, ga maksain. dan korea tuh keliatan lebih seger dibandingkan dengan jpop. mau gimana2 juga masih keliatan normal kalo kpop >.<

selain itu, orang orang banyak suka sama dunia enertain korea *ngemeng keak orang pinter aja gue pfft* karena mereka ngasih show2 mereka ke orang luar juga *variety show, drama, musk, dll* malah banyak bgt web khusus streaming variety show korea, kayak Kshowonline, viki, dll. istilahnya korea lebih terbuka. malah mereka punya channel yg ngasih sub ing dan isinya nya rame, misalnya KBS world, M channel, Arirang, dll. kalo jepang yg gue liat cuma wakuwaku ama NKHworld doang. apaan NHK world :v isinya boring bgt ga jelas parah.

kalo jepang kebanyakan malu malunya, dan buat penampilan mereka keliatan maksain bgt >.< *menurut gue* dan seadanya, itu kenapa banyak yg bilang kalo artis2 jepang aneh sama bikin boring. entah kenapa disini gue kayak haters jpop padahal bener2 engga, tapi gue ngomong seadanya ya~ dan jepang tuh kayak dibuat buat, entah kenapa gue mikirnya gitu.. wkwk

Anonim mengatakan...

saya setuju dengan blackblues. she has a point.
Kpop kelihatan besar, karena mereka butuh market. So, promosi is urgently needed.
Dalam bisnis, penggusaha gak mau produksi klo gak ada pasar. siapa yg mau beli? Thats why kpop berusaha keras untuk laku di luaran.

Klo di Jepang, gak usah khawatir lagu bakal dibajak, krn hukumannya jelas, berat, dan serius diterapkan. Jd pasar mereka ada. Dan org jepang cenderung klo udah suka, sukanya lama. jd fans2xny loyal.

beda sama fans korea yg biasanya cuma ngefans sm 1-2 artis. jd klo ada yg baru, biasanya yg lama ditinggal.

Kalo kamu pernah nonton DVD konser Jepang, serius, konser kpop masih jauuh. Japan is better when its about quality. Coba deh bedain MV sm PV artis korea klo lg promosi di Jepang. Pasti lebih bagus.

SNSD ada PV nya lbh bagus dr MV, SHINee juga.


Klo masalah lain, itu sbnrny selera aja.

Ananda Nisrina mengatakan...

ikut komen saja gan, hehe ;)
menurut saya, J-Pop itu ibaratnya "harta karun" , kita harus mencarinya sendiri, dan kl udah ketemu, kita pasti puas. that's why seperti dikatakan tadi, pv jepang susah dicari, ya karna kita harus cari sendiri, beli karya-nya, kl ada yg berbaik hati akan ada yg upload di situs dan kita download sendiri.
btw saya suka dgn jepang itu penontonnya kl lg nonton konser, mereka semua rapi dan tertib. coba search di youtube, ada gan. mereka kl nonton konser menikmati, gak angkat-angkat gadget. mereka selalu lekat dgn budaya-nya. sekali lagi, jepang dan isinya itu seperti "harta karun" , nggak ada "harta karun" yg nampakkan diri dgn mudah.

Unknown mengatakan...

Kenapa Kpop lebih mendunia karena emang promosinya global, beda sama jpop yang emang dipromosiin buat negaranya, makannya artis jepang jarang ada pake bahasa inggris malah hampir gak ada. Tapi jpop tetap mendunia padahal muaiknya cuma ditujukan dipasarkan di jepang. Yang mengenalkan ke jpop sendiri ya paling banyak dari anime. Saya pernah nyari dvd dari salah satu band dan cuma ada versi jepangnya. Dan harganya kaya beli kaset game original, padahal itu cuma single bukan albumnya.

Vlacas Nomina mengatakan...

Kenapa Kpop lebih mendunia karena emang promosinya global, beda sama jpop yang emang dipromosiin buat negaranya, makannya artis jepang jarang ada pake bahasa inggris malah hampir gak ada. Tapi jpop tetap mendunia padahal muaiknya cuma ditujukan dipasarkan di jepang. Yang mengenalkan ke jpop sendiri ya paling banyak dari anime. Saya pernah nyari dvd dari salah satu band dan cuma ada versi jepangnya. Dan harganya kaya beli kaset game original, padahal itu cuma single bukan albumnya.

Paramita Widyadana Arsanti mengatakan...

Korea itu suka oplas sedangkan jepang tidak bisa dilihat jelas dengan muka nya mungkin pengaruh makanan juga kali ya.. kn makanannya mentah" gtu.. tpi di jepang klo dideketin itu mukanya ga bgitu mulus dan J-pop/Rock ga ada Oplas. Sma skali bda sma korea yg oplas gmna dng snsd? Mreka jga pda oplas.. klo big bang itu punya fak tr a bahwa dia tidak oplas
Terbukti mana negara yg suka oplas bisa dilihat sndri di web

Anonim mengatakan...

Kalo aku sih lebih suka jepang. Musik jepang tuh kyk yg udah disebutin diatas, genrenya banyak, musiknya unik, dan saya pribadi gak masalah oplas ato gak, karena saya lebih memandang karyanya sama saya lebih bisa nerima bahasa jepang daripada bahasa korea. Pas saya nonton film dengan bahasa korea, saya ngerasa nada bicara dan logatnya aneh, gak cocok deh di telinga. Itu menurut saya.

JPOP mengatakan...

jepang itu lebih oriental. ini jgn jgn miminya K-popers ya? haha...
setiap negara pasti punya genre musik sendiri.
di jepang, girlband itu disebut idol. Kalau di jepang idol grup harus memenuhi syarat. gk boleh ini lah itulah. gak boleh dandan menor lah. jadi anggota idol grup jarang jarang ada yg oplas. soal NHK world? hmm, itu termasuk chanel kesukaan saya. NhK world itu lebih menunjukan budaya di jepang sana, otomatis itu memperkenalkan tentang budaya jepang ke dunia luar. K-pop lebih mendunia? nggak juga tuh. banyak orang di dunia ini yg J-POP. buktinya pencarian AKB48 di google mencapai 2.240.000 per bulannya. populasi korea lbh bnyk? bgmn dgn tingkat kejahatan?,

musik untuk dinikmati bukan diadu.
#salam J-pop

Anonim mengatakan...

Acara korea itu lebih menarik sama lebih lucu daru acara jepang menjadi daya tarik sendiri,terus kbs world,arirang,mnet jg ngenalin budaya korea ke internasional,saya jg salah satu penggemar akb48,menurut saya lagu mereka satu sama yg lainnya itu mirip,genrenya hampir sama,kalo artis kpop satu artis bisa ganti ganti konsep,menurut buku yang saya baca"strategi inovatif budaya popular kpop" karya Euny Hong dikatakan bahwa Korea lebih mengemas lebih baik budaya mereka,di buku itu jg ada alasan knp kpop mengalahkan jpop,jepang dulu jg pengen budaya popular ke internasional tp sekarang udh nyerah karna kalah strategi sama korea,kalo kpop lebih mendunia karena pertama tv internasional ngenalin artis korea,kedua mv,live,variety show,dll di youtube semua ada dan subtitle multi bahasa,ketiga album korea lebih menarik dan lebih murah dari album jepang,variety show di korea jg lebih kreatif misalnya running man,the return of superman,dll,intinya dari buku yg saya baca strategi budaya kreatif kpop yg menyebabkan jpop sekarang kalah dari kpop

Unknown mengatakan...

Kalo urusan logat,Korea sama Jepang itu mirip,logat Korea Satoori mirip sama logat Jepang

imam bambang sungkowo mengatakan...

Gue lebih berat ke jpop ketimbang kpop..selera orang masing2 kan..ga perlu pake detail yg panjang lebar..makasih...

Poskan Komentar