Keunikan Kota Toyota, Jepang



Uniknya Kota Toyota City, Jepang

     Hmm..kalau membaca judulnya, pertama kali yang terlintas di benak kita mungkin adalah sebuah perusahaan mobil terkemuka di dunia. Namun ini nyata. Toyota (豊田市; -shi), atau Kota Toyota, adalah sebuah kota yang terletak di wilayah Mikawa di Aichi, Jepang, sebelah timur tenggara dari Nagoya. Toyota City juga merupakan kota terbesar di prefektur Aichi, titik terendah tanah terletak di Komashin-cho (3.2m) dan tertinggi terletak di Inabu-cho (1.240 m).


      Menurut warga yang kami temui, dulunya Kota Toyota bernama Koromo atau yang dikenal sebagai "Kojiki" atau Rekaman Matters Kuno. Nampaknya kota ini memang benar-benar mencerminkan produk-produk keluaran pabrik Toyota. Tapi kami tidak tau apakah nama perusahaan Toyota yang diambil dari nama kota ini, atau malah nama kota ini yang diambil dari nama pabrik Toyota itu ya? Aneh memang, seperti benteng Toyota saja. Tidak ada mobil lain selain Toyota di kota ini. Sampai-sampai didirikan museum Toyota dan banyak pabrik Toyota.
          Diantaranya, Toyota Municipal Museum of Art, Toyota Kaikan Museum, dan Toyota City Folk Craft Museum. Selain itu, di kota perbukitan ini, kita dapat menemukan pemandangan alam Cityscape dan lembut. Suhu tahunan berfluktuasi dan ketinggian yang berbeda membuat empat musim pemandangan dari Toyota City lebih menarik. Saat musim baru datang, terjadilah perubahan pemandangan, karena ketinggian yang mengangkat perubahan ekspresi.
 Toyota City juga menjadi rumah bagi Toyota Motor Corporation, kantor pusat dan pabrik-pabrik, dan lebih dari 400 mobil-perusahaan terkait dengan berbagai insinyur teknologi selalu berkembang. Selain itu, ada kertas Obara Jepang bersama dengan keterampilan pengrajin tradisional yang terus dan terus menyampaikan kepada generasi berikutnya.
Itulah mengapa, ketika terjadi gempa dan tsunami di Jepang beberapa bulan lalu, Toyota sempat mengalami kehilangan profit hingga mencapai 653 Miliyar per-hari. Akio toyoda, presiden Toyota Motor Corp mengatakan "Semuanya berdampak pada dealer juga suplier kami, termasuk bassis produksi yang juga turut terkena imbas," ungkap Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corp.
Saudara, demikianlah laporan kami langsung dari Kota Toyota, Jepang.

0 Comments: (+add yours?)

Poskan Komentar